RSS

BEBERAPA PENELITIAN TEMBOK YA’JUJ & MA’JUJ

23 Mei

Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir The Holy Qur’an menulis bahwa di distrik Hissar, Uzbekistan, 240 km di sebelah tenggara Bukhara, ada celah sempit di antara gunung-gunung batu. Letaknya di jalur utama antara Turkestan ke India dengan ordinat 38oN dan 67oE. Tempat itu kini bernama buzghol-khana dalam bahasa Turki, tetapi dulu nama Arabnya adalah bab al hadid. Orang Persia menyebutnya dar-i-ahani. Orang Cina menamakannya tie-men-kuan. Semuanya bermakna pintu gerbang besi.

Hiouen Tsiang, seorang pengembara Cina pernah melewati pintu berlapis besi itu dalam perjalanannya ke India di abad ke-7. Tidak jauh dari sana ada danau yang dinamakan Iskandar Kul. Di tahun 842 Khalifah Bani Abbasiyah, al-Watsiq, mengutus sebuah tim ekspedisi ke gerbang besi tadi. Mereka masih mendapati gerbang di antara gunung selebar 137 m dengan kolom besar di kiri kanan terbuat dari balok-balok besi yang dicor dengan cairan tembaga, tempat bergantung daun pintu raksasa. Persis seperti bunyi surat Al Kahfi. Pada Perang Dunia II, konon Winston Churchill, pemimpin Inggris, mengenali gerbang besi itu.

Letak Perkiraan Tembok Besi Berada

Apa pun tentang keberadaan dinding penutup tersebut, ia memang terbukti ada sampai sekarang di Azerbaijan dan Armenia. Tepatnya ada di perunungan yang sangat tinggi dan sangat keras. Ia berdiri tegak seolah-olah diapit oleh dua buah tembok yang sangat tinggi. Tempat itu tercantum pada peta-peta Islam mahupun Rusia, terletak di republik Georgia.
Al-Syarif al-Idrisi menegaskan hal itu melalui riwayat penelitian yang dilakukan Sallam, staf peneliti pada masa Khalifah al-Watsiq Billah (Abbasiah). Konon, Al-Watsiq pernah bermimpi tembok penghalang yang dibangun Iskandar Dzul Qarnain untuk memenjarakan Ya’juj-Ma’juj terbuka.

Mimpi itu mendorong Khalifah untuk mengetahui perihal tembok itu saat itu, juga lokasi pastinya. Al-Watsiq menginstruksikan kepada Sallam untuk mencari tahu tentang tembok itu. Saat itu sallam ditemani 50 orang. Penelitian tersebut memakan biaya besar. Tersebut dalam Nuzhat al-Musytaq, buku geografi, karya al-Idrisi, Al-Watsiq mengeluarkan biaya 5000 dinar untuk penelitian ini.

Rombongan Sallam berangkat ke Armenia. Di situ ia menemui Ishaq bin Ismail, penguasa Armenia. Dari Armenia ia berangkat lagi ke arah utara ke daerah-daerah Rusia. Ia membawa surat dari Ishaq ke penguasa Sarir, lalu ke Raja Lan, lalu ke penguasa Faylan (nama-nama daerah ini tidak dikenal sekarang). Penguasa Faylan mengutus lima penunjuk jalan untuk membantu Sallam sampai ke pegunungan Ya’juj-Ma’juj.

27 hari Sallam mengarungi puing-puing daerah Basjarat. Ia kemudian tiba di sebuah daerah luas bertanah hitam berbau tidak enak. Selama 10 hari, Sallam melewati daerah yang menyesakkan itu. Ia kemudian tiba di wilayah berantakan, tak berpenghuni. Penunjuk jalan mengatakan kepada Sallam bahwa daerah itu adalah daerah yang dihancurkan oleh Ya’juj-Ma’juj tempo dulu. Selama 6 hari, berjalan menuju daerah benteng. Daerah itu berpenghuni dan berada di balik gunung tempat Ya’juj-Ma’juj berada.
Sallam kemudian pergi menuju pegunungan Ya’juj-Ma’juj. Di situ ia melihat pegunungan yang terpisah lembah. Luas lembah sekitar 150 meter. Lembah ini ditutup tembok berpintu besi sekitar 50 meter.

Dalam Nuzhat al-Musytaq, gambaran Sallam tentang tembok dan pintu besi itu disebutkan dengan sangat detail (Anda yang ingin tahu bentuk detailnya, silakan baca: Muzhat al-Musytaq fi Ikhtiraq al-Afaq, karya al-Syarif al-Idrisi, hal. 934 -938).

Al-Idrisi juga menceritakan bahwa menurut cerita Sallam penduduk di sekitar pegunungan biasanya memukul kunci pintu besi 3 kali dalam sehari. Setelah itu mereka menempelkan telinganya ke pintu untuk mendengarkan reaksi dari dalam pintu. Ternyata, mereka mendengar gema teriakan dari dalam. Hal itu menunjukkan bahwa di dalam pintu betul-betul ada makhluk jenis manusia yang konon Ya’juj-Ma’juj itu.

Ya’juj-Ma’juj sendiri, menurut penuturan al-Syarif al-Idrisi dalam Nuzhat al-Musytaq, adalah dua suku keturunan Sam bin Nuh. Mereka sering mengganggu, menyerbu, membunuh, suku-suku lain. Mereka pembuat onar, dan sering menghancurkan suatu daerah. Masyarakat mengadukan kelakuan suku Ya’juj dan Ma’juj kepada Iskandar Dzul Qarnain, Raja Macedonia. Iskandar kemudian menggiring (mengusir) mereka ke sebuah pegunungan, lalu menutupnya dengan tembok dan pintu besi.

Menjelang Kiamat nanti, pintu itu akan jebol. Mereka keluar dan membuat onar dunia, sampai turunnya Nabi Isa al-Masih.

Dalam Nuzhat al-Musytaq, al-Syarif al-Idrisi juga menuturkan bahwa Sallam pernah bertanya kepada penduduk sekitar pegunungan, apakah ada yang pernah melihat Ya’juj-Ma’juj. Mereka mengaku pernah melihat gerombolan orang di atas tembok penutup. Lalu angin badai bertiup melemparkan mereka. Penduduk di situ melihat tubuh mereka sangat kecil. Setelah itu, Sallam pulang melalui Taraz (Kazakhtan), kemudian Samarkand (Uzbekistan), lalu kota Ray (Iran), dan kembali ke istana al-Watsiq di Surra Man Ra’a, Iraq. Ia kemudian menceritakan dengan detail hasil penelitiannya kepada Khalifah.
Kalau menurut penuturan Ibnu Bathuthah dalam kitab Rahlat Ibn Bathuthah pegunungan Ya’juj-Ma’juj berada sekitar perjalanan 6 hari dari Cina. Penuturan ini tidak bertentangan dengan al-Syarif al-Idrisi. Soalnya di sebelah Barat Laut Cina adalah daerah-daerah Rusia.

Sumber : http://artikelmenarik.wordpress.com/2010/04/27/mengulas-misteri-tembok-yajuj-dan-majuj-secara-tuntas/

Related Post : ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 23, 2010 in Kisah-kisah dalam Al-Qur'an

 

Tag: , ,

5 responses to “BEBERAPA PENELITIAN TEMBOK YA’JUJ & MA’JUJ

  1. iip albanjary

    Mei 29, 2010 at 1:23 pm

    ceritanya menarik,
    barangkali perlu ditampilkan sumber tulisannya secara detil

     
  2. agus bintoro

    Juni 24, 2010 at 12:28 pm

    AMAT SANGAT JELAS”BAGI DERMAWAN YG MAU MEMBIYAYAI”AKU MAU KESANA UNTUK BER’ULUK SALAM DAN INGIN MENGETAHUI KAPAN MEREKA AKAN KELUAR””AGUS BINTORO AL PADANG”JL’SUKODONO’2/28”POS KODE”6116”BLAKANG PASAR GRESIK GRESIK JAWA TIMUR”

     
  3. agus bintoro

    Juni 24, 2010 at 12:36 pm

    OH YA”BARUSAN ANE DPT SESUATU DARI ALLOH KRNG DARI ’47 TAUN DARI SKARANG AL HADI[[TEMBOK BESI ITU]SEDIKIT DEMI SEDIKIT AKAN TERBUKA KARNA MANUSIA SUDAH”TIDAKBERHATI MANUSIA/BERSIFAT BINATANG”’DAN BISIKAN INI BERKATA—HATI HATI AKAN ADA DAJJAL YG SKARANG BERADA DI BALIK SGALA SIKAP GERAK GERIK ASRAEL YG TERKUTUK 2KALIP[[ITU FTRMAN NYA ALLOH]BILLAHI”’DAN DIA DAJJAL YG DIPREDIKSI DAN DIKATAKAN JUYNJUNAGAN KITA”BAGINDA BESAR MUHAMMAD RASULULLOH SALALLOHU ALAIHI WASALLAM””ALLO0HUMMA SOLLI ALA MUHAMMAT

     
  4. agus bintoro

    Juni 24, 2010 at 12:47 pm

    TUBUH YA’JUJ MA’JUJ”ITU CUMA SETENGAH METER”’TAPI BISA MEMBESAR SAMPAI”’45 HASTA”’MEREKA ADALAH SEBAGIAN DARI MURID2 DARI MALAIKAT”HARUD DAN MARUD SELAIN KORUNN DAN YG MENYEBARKAN ILMU SIHIR YG DIDAPAT DARI MALAIKAT HARUT WA MARUD YG MEMANG DITURUNKAN ALLOH TA’ALA KEBUMI”KARNA KEINGIN TAHUAN MEREKA PADA MANUSIA YG MENURUT 2 MALAIKAT TADI”AMAT DAN TERAMAT BANYAK DI KARUNIAI RAHMAD OLEH ALLOH”HINGGA MEREKA INGIN MEMPELAJARI SIFAT2 MANUSIA ””ALLOH AKBAR BISS SAWWAB”’INI BISIKAN HATIKU ATAS PENCARIANKU AKAN YA’JUJ WA MA’JUJ”’BISSMILLAH ANE NDAK KELIRU AMIN ‘

     
  5. islamitubenar

    Juli 20, 2010 at 11:55 pm

    @ agus bintoro
    saya dukung mas pencariannya, sementara belum dapat donatur, mungkin bisa menyiapkan berbagai literaturnya terlebih dahulu🙂

    dari statement ini

    “BARUSAN ANE DPT SESUATU DARI ALLOH KRNG DARI ’47 TAUN DARI SKARANG AL HADI[[TEMBOK BESI ITU]SEDIKIT DEMI SEDIKIT AKAN TERBUKA KARNA MANUSIA SUDAH”TIDAKBERHATI MANUSIA/BERSIFAT BINATANG”’

    mungkin bisa dijelaskan maksudnya dapat sesuatu itu seperti apa

    Wallahu a’lam.

    Bagi yang mau mempelajari lebih jauh tentang apa dan siapa sebenarnya yang dimaksud dengan Dajjal itu bisa membaca beberapa referensi buku seperti “Dialog dengan Jin Muslim” dan “Dajjal Akan Muncul dari Segitiga Bermuda” karya Muhammad Isa Dawud, walaupun masih terdapat kontroversi didalamnya. Namun begitu, bisa sebagai tambahan acuan buat kita

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: