RSS

Hujan Abu Vulkanik dan Pasir mencapai Jawa Tengah dan Jawa Barat

05 Nov

Letusan merapi yang terjadi sejak malam kemarin (kamis, 4/11/10) sejak pukul 21.00 ternyata mengakibatkan hujan abu disertai pasir dan juga lumpur yang menyelimuti kota Jogjakarta hampir semalaman penuh. Di daerah Ringroad Jalan Kaliurang yang berlokasi sekitar 30 km dari puncak merapi dan merupakan pusat pertemuan jalur transportasi Magelang-Jogja-Solo-Merapi lalu lintas sangat padat dikarenakan banyaknya warga dari arah merapi berhamburan ingin menyelamatkan diri ke arah selatan yaitu kota Yogyakarta dan arah timur (Solo). Ketebalan abu ini mencapai 2-4 cm sehingga membuat banyak warga yang berkendara harus berkali-kali menghentikan kendaraan mereka untuk membersihkan kaca mobil maupun helm karena pekatnya hujan abu yang menempel pada kaca mendaraan mereka.
Hujan abu dan pasir ini ternyata tidak hanya dirasakan warga Jogja dan sekitarnya, akan tetapi juga dirasakan di beberapa kota lainnya. Di Wonosobo misalnya, hingga pagi ini hujan abu dan pasir masih menyelimuti kota yang berjarak sekitar 120 km arah barat daya kota Yogyakarta. Akibat pekatnya hujan abu yang melanda dan dikhawatirkan berdampak pada aktivitas warga, sehingga sebagian sekolah di Wonosobo diliburkan selama 2 hari penuh terhitung sejak hari ini.
Begitu juga di daerah Purwokerto dan Brebes yang berlokasi sekitar 200 km dan 300 km arah barat daya Merapi, juga diguyur oleh hujan abu yang cukup padat sehingga memaksa mereka berhati-hati dan selalu menggunakan masker untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan
Tasikmalaya dan Ciamis yang terletak di Jawa Barat ini juga tak luput dari guyuran hujan abu yang berintensitas rendah hingga sedang.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 5, 2010 in merapi info

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: